Sabtu, 15 Oktober 2011

Cylospora cayetanensis & Blastocystis hominis

Cyclospora cayetanensis
Cyclospora cayetanensis adalah protozoa yang menyebabkan penyakit pada manusia dan primata lain, penyakitnya disebut cyclosporiasis. Penularannya terutama melalui air, dan dapat terjadi baik melalui air minum maupun karena berenang di air yang terkontaminasi. Cyclospora  ini memiliki diameter  8-10 µm. Cyclospora dapat masuk ke epitel usus halus dan menyebabkan enteritis.
Cyclospora cayetanensis

Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Upakelas:
Ordo:
Upaordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
C. cayetanensis
1. Hospes
Hospes Cyclospora cayetanensis adalah manusia. Belum diketahui apakah hewan dapat terinfeksi dan apakah hewan dapat menjadi sumber infeksi untuk manusia. Dari 16 spesies Cyclospora lain yang diketahui menginfeksi hewan (primata, mamalia lain, dan reptilia), tidak ada satupun yang menginfeksi manusia.
2. Distribusi gografik
Cyclospora paling umum dijumpai pada daerah tropis dan subtropis, namun dapat ditemukan di seluruh dunia yang menunjukkan prevalensi yang lebih besar di daerah - daerah hujan di mana wabah bertepatan dengan musim hujan. Infeksi terutama diperoleh dengan konsumsi air yang menyandang atau menghasilkan ookista yang telah irigasi dengan air yang terkontaminasi.  Cyclospora pertama kali ditemukan di Papua New Guinea pada tahun 1979 oleh Ashford.
3. Morfologi
Cyclospora memiliki diameter  8-10 µm. Ookista dari Cyclospora yang bulat memiliki ukuran diameter 9,0 mikrometer, mudah dikenali dengan menggunakan mikroskop Fluorescent yang menggunakan filter dengan panjang gelombang yang berkisar dari 340-380 nm mengungkapkan ookista bersinar cerah, pucat biru. Ookista tinggal dalam sel (enterosit) dari usus kecil. Cyclospora bereproduksi secara aseksual dan seksual dengan ookista infektif merupakan produk dari reproduksi seksual.
 4. Siklus Hidup

Siklus hidup Cyclospora dimulai dengan menelan "sporulated" ookista (kista tahap tahan lingkungan). Sporulated ookista ini berisi 2 "sporocysts" (kista kecil dalam ookista tersebut), masing-masing disertai dengan 2 "sporozoit" (tahapan infektif; ookista masing-masing berisi total 4 sporozoit). Begitu di dalam usus, sporozoit keluar dari ookista sporocysts dan, akhirnya menembus sel epitel sepanjang usus kecil (jejunum). Sporozoit menjalani beberapa fase di dalam sel untuk membentuk "meronts," yang berisi banyak "merozoit." Pada reproduksi aseksual, yang memiliki 8-12 merozoit pertama dan kedua memiliki 4 merozoit. Generasi terakhir dari merozoit menembus sel-sel baru untuk membentuk gamet, yang juga dapat ditemukan di jejunum. Kebanyakan gamet hanya memperbesar untuk membentuk gamet betina, atau "macrogamete." Beberapa menjadi "microgametocytes," yang mengalami fase berganda untuk berbagai bentuk flagella sperma seperti "mikrogamet."  Mikrogamet keluar microgametocyte tersebut, pupuk makrogamet, dan dinding tahan ookista tersebut diletakkan di sekitar zigot. Ookista dari dinding usus bersama dengan sel inang dan masuk ke lingkungan eksternal dengan kotoran. Pengembangan lebih lanjut dari sporocysts dan sporozoit disebut "sporogony" atau "sporulasi" dan terjadi hanya di hadapan konsentrasi tinggi oksigen atmosfer. Sporulasi selesai dalam 7-12 hari pada suhu yang "hangat" ruang, misalnya di 30 C.
5. Patologi dan Gejala klinis
Cyclospora cayetanensis menginfeksi saluran pencernaan  melalui makanan dan air yang terkontaminasi atau dari kontak dengan kotoran. Gejala klinis yang  timbul berupa diare cair (buang air lebih dari 6 kali perhari), kehilangan nafsu makan, kembung, sakit perut, muntah, mual, tidak nafsu makan, kejang abdomen, lelah dan penurunan berat badan, demam jarang terjadi. Gejala umumnya mulai sekitar 1 minggu (5-8 hari) setelah menelan ookista dan ini bisa bertahan selama sebulan atau lebih. Cyclospora  masuk ke epitel usus halus dan menyebabkan enteritis. Usus kecil menjadi inflammed, dan parasit penyebab perubahan mukosa yang meliputi atropy vili dan hiperplasia crypt. Infeksi ringan dapat menghasilkan sedikit atau tidak ada tanda-tanda klinis
Diare pada orang yang imunokompeten bisa berlangsung lama tetapi dapat sembuh dengan sendirinya, menurut beberapa laporan berlangsung selama 9 – 43 hari; rata-rata lamanya organisme berkembang biak adalah 23 hari pada anak-anak.
6. Diagnosis Labortorium
Organisme ini tidak teratur menumpahkan spesimen sehingga tinja harus dikumpulkan secara periodik. Organisme ini dapat diidentifikasi dengan menemukan oocyst yang berukuran 8-9 mm, sekitar 2 kali ukuran Cryptosporidium parvum pada keadaan basah pada pemeriksaan mikroskopis fase kontras. Pewarnaan tahan asam yang telah dimodifikasi dapat dilakukan. Cyclospora akan otomatis berpendar di bawah cahaya ultra-violet, muncul kehijauan di bawah 450 nm dan panjang gelombang kebiru-biruan di bawah 365 nm. 
7. Pengobatan
Cyclosporiasis dapat di obati dengan memberikan obat trimetroprim (TMP)-sulfametoksazol (SMX) selama 7 hari (untuk orang dewasa, 160 mg TMP plus 800 gram SMX dua kali sehari; untuk anak-anak, 5 mg/kg TMP ditambah 25mg/kg SMX dua kali sehari). Pada penderita yang tidak diobati, penyakit ini dapat berlangsung dalam waktu yang lama, dengan gejala yang hilang timbul. Belum ditemukan regimen pengobatan untuk penderita yang tidak tahan terhadap sulfa

Blastocystis hominis
Blastocystis adalah genus bersel satu protozoa parasit milik kelompok organisme yang dikenal sebagai Stramenopiles (juga disebut Heterokonts) yang mencakup ganggang, diatom, dan air cetakan . Blastocystis terdiri dari beberapa spesies, hidup di saluran pencernaan spesies yang sangat berbeda seperti manusia, hewan ternak, tikus burung, reptil, amfibi, ikan, dan kecoak. Penyakit yang disebabkan adalah adalah Blastocystosis. Protozoa ini kadang-kadang ditemukan dalam tinja orang sehat serta dalam tinja orang-orang yang diare, sakit perut atau masalah pencernaan lainnya.



Domain: 
Kingdom: 
Phylum:
Class: 
Blastocystae Blastocystae
Order:
Blastocystida Blastocystida
Family: 
Blastocystidae Blastocystidae
Genus: 
Blastocystis Blastocystis
(Alexieff 1911) Brumpt 1912 (Alexieff 1911) Brumpt 1912
1. Hospes
Hospes dari Blastocystis Hominis adalah manusia, dan hewan. Blastocysistis Hominis memiliki reservoir hewan tergantung pada mengungkap sifat sejati transmisinya mungkin didasarkan pada kerja sendiri molekul mereka dan tinjauan literatur, ke-manusia transmisi hewan adalah mungkin, maka binatang seperti babi dan anjing bisa sebenarnya bertindak sebagai reservoir besar yang mampu infeksi manusia. Studi epidemiologis menemukan infeksi yang lebih umum pada orang hidup berdampingan dengan hewan ternak atau hewan peliharaan lebih jauh mendukung gagasan ini.   Namun, sampai sebuah studi konklusif dipublikasikan tentang siklus hidup yang tepat B. hominis, kehadiran reservoir akan terus belum dikonfirmasi.
2. Ditributif geografik
Hominis Blastocystis adalah organisme mikroskopis parasit yang umum ditemukan di seluruh dunia. Blastocystis ditemukan pada tingkat 5-10% di sebagian besar negara-negara maju, dan tingkat hingga 50% di daerah berkembang. Tingginya tingkat infeksi juga ditemukan pada individu di negara maju yang bekerja dengan binatang. Walaupun peran hominis Blastocystis dalam penyakit manusia sering disebut sebagai kontroversial, survei sistematis studi penelitian yang dilakukan oleh 11 ahli penyakit menular dari sembilan negara, menemukan bahwa lebih dari 95% dari makalah yang diterbitkan dalam terakhir 10 tahun diidentifikasi sebagai penyebab penyakit pada individu imunokompeten.
3. Morfologi 

Blastocystis memiliki berbagai bentuk morfologi. Empat umumnya adalah, vacuolar bentuk, granular, amoeboid, dan kista bentuk vacuolar.

1. Vacuolar bentuk
Bentuk vacuolar adalah bentuk sel khas Blastocystis terlihat dalam budaya dan sering digunakan untuk identifikasi organisme. Bentuk-bentuk vacuolar sangat bervariasi dalam ukuran, dengan diameter berkisar antara 2 pM dan 200 pM. Bentuk vacuolar ini atau dikenal sebagai bentuk badan pusat karena memiliki pusat yang besar vakuola dikelilingi oleh pita tipis perifer sitoplasma yang mengandung organel lainnya. Flocculent material telah digambarkan sebagai tersebar merata di seluruh vakuola. Fungsi vakuola masih belum jelas, bagaimanapun, telah menyarankan bahwa, seperti bagi banyak sel eukariotik , itu adalah untuk tujuan penyimpanan. Fungsi lain, seperti pembelahan sel selama reproduksi dan pengendapan apoptosis tubuh, telah diusulkan, meskipun lebih banyak tes perlu dilakukan untuk memvalidasi peran.
Empat umum bentuk hominis Blastocystis. Searah jarum jam dari kiri atas: bentuk vacuolar, granular, amoeboid, dan kista.

2. Bentuk butiran
Bentuk butiran agak morfologi mirip dengan bentuk vacuolar kecuali bahwa berbeda butiran diamati dalam vakuola pusat dan / atau sitoplasma. Dalam vakuola pusat, butiran ini muncul dalam bentuk yang berbeda juga. Tiga jenis diusulkan - metabolisme, lipid , dan reproduksi butiran. butiran metabolik berperan dalam proses kimia yang diperlukan untuk pemeliharaan hidup dalam organisme. Hal itu juga dikemukakan bahwa butiran-butiran reproduksi terlibat dalam pengembangan progeni sel. Ini hipotesis yang dibuat berdasarkan mikroskop saja, yang mungkin dianggap menyesatkan, maka perlu banyak yang harus dilakukan sebelum membuat kesimpulan yang pasti. Ini juga telah menyarankan bahwa butiran-butiran dapat menjadi indikasi bahwa sel sekarat. 

 3. Bentuk Amoeboid
Bentuk lain yang ada adalah bentuk amoeboid. Bentuk amoeboid dari Blastocystis adalah non-motil dan sangat perekat. Sebuah studi penelitian telah melaporkan bahwa bentuk amoeboid diproduksi hanya dalam budaya yang diambil dari individu gejala, dengan individu asimtomatik secara eksklusif memproduksi bentuk vacuolar. Studi tersebut menunjukkan metode ini dapat digunakan untuk mendiagnosis infeksi bergejala. Selain itu, ia menyarankan gejala bisa disebabkan akumulasi dari bentuk amoeboid perekat kuat di dinding usus inang. Sebuah studi ultra-struktural rinci bentuk amoeboid diterbitkan pada tahun 2007. 

4. Bentuk kista
Bentuk kista Blastocystis adalah penemuan baru yang lebih dan telah membantu dalam memajukan memahami cara infeksi menular.Dibandingkan dengan bentuk lain, umumnya lebih kecil dalam ukuran dan memiliki dinding kista tebal berlapis-lapis. Ini tidak memiliki vakuola pusat dan beberapa nukleus, vakuola dan makanan deposito beberapa penyimpanan diamati. Bentuk kista adalah bentuk yang paling resisten parasit ini dan mampu bertahan dalam kondisi kasar karena dinding kista yang berlapis-lapis tebal. Eksperimen telah dilakukan untuk menunjukkan kemampuannya untuk menahan asam cairan lambung . Selain itu, kista tidak melisiskan bila ditempatkan di air suling dan bisa bertahan hidup baik pada suhu kamar sampai 19 hari, menunjukkan perlawanan yang kuat. Dalam penelitian lain, bentuk kista bahkan mampu bertahan dalam budaya medium yang mengandung obat antiprotozoal. Hal ini semakin mendukung gagasan bahwa bentuk kista adalah yang paling tahan dari empat bentuk.

4. Siklus Hidup

Siklus hidup dimulai dengan menelan bentuk kista. Setelah konsumsi, kista berkembang menjadi bentuk lain yang pada gilirannya kembali berkembang menjadi bentuk kista. Melalui kotoran manusia, bentuk kista memasuki lingkungan eksternal dan ditularkan kepada manusia dan hewan lain melalui rute fekal-oral , mengulangi seluruh siklus.


5. Patologi dan gejala klinis
Gejala utama dari penyakit yang ditimbulkan adalah gatal-gatal pada anus, diare, gas dalam perut yang berlebihan, penurunan berat badan, sakit perut, Menghasilkan diare spesifik, mual, anoreksia dan kelelahan, namun tidak semua orang yang memperoleh ini menunjukkan gejala terkait infeksi parasit. Ada banyak kasus di mana Blastocystis disebut Hominis parasit ditemukan di tinja, namun tidak ada masalah kesehatan yang tak diinginkan dengan pembawa manusia. Studi menunjukkan bahwa jika sistem kekebalan tubuh orang yang terinfeksi adalah kuat, tidak akan ada gejala. Namun, jika seseorang memiliki masalah pencernaan atau  sistem kekebalan tubuh lemah.

6. Diagnosis laboratorium
Diagnosis infeksi B. hominis ditegakkan dengan menemukan B. hominis di dalam tinja dengan pemeriksaan langsung, pewarnaan trikrom, teknik kinyoun acid fast. Untuk meningkatkan sensitifitas dapat dilakukan konsentrasi dengan larutan formalin etil asetat. Biasanya ditemukan bentuk vacuolar. Pemeriksaan tinja sebaiknya dilakukan pada 3 sampel tinja penderita dengan gejala B. hominis untuk memastikan penderita terinfeksi atau tidak.
7. Pengobatan
Metronidazole, tinidazole dan paromomycin adalah obat yang dapat digunakan .pengobatan lain meliputi pengecekan  pencernaan dan sistem kekebalan tubuh. Penyakit Blastocystosis lebih sering daripada tidak terlihat di mana baik sistem kekebalan tubuh lemah atau saluran pencernaan terganggu. Lama perawatan biasanya diperlukan meskipun demikian, sangat disarankan bahwa perlakuan bisa berubah setiap 7 - 10 hari (atau bahkan lebih cepat) karena parasit Hominis Blastocystis telah dikenal untuk bermutasi cepat untuk mendapatkan perlawanan terhadap setiap obat konsisten tertentu atau pendekatan alami .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar